Telkomsel Menjadi Penyedia Seluler Prabayar Pertama

Awal Mula Berdirinya Telkomsel dan Perkembangannya

18 Jan 2024 | suhuacuan

Telkomsel adalah salah satu provider seluler yang ada di Indonesia. Telkomsel dikenal dengan jaringannya yang sangat luas dan sinyalnya yang kuat, bahkan saat digunakan di daerah pelosok sekalipun. Dapat diandalkan, jadi tak heran kalau pengguna Telkomsel begitu banyak di tanah air. Seperti apa sih awal mula Telkomsel berdiri dan seperti apa perkembangannya sekarang?

Sejarah Telkomsel

Telkomsel berdiri sejak tahun 1993 saat Telkom Indonesia mulai menjajaki bagaimana cara mengoperasikan teknologi nirkabel Global System for Mobile Communication (GSM). Akhirnya di tanggal 1 Januari 1994 pembangunan infrastruktur GSM selesai di Batam dan Riau yang kemudian diresmikan secara langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi, BJ Habibie, tepat di tanggal 2 September 1994. 

Satu tahun setelahnya, pada 1995, Telkomsel didirikan sebagai joint venture antara Telkom Indonesia dan Indosat. Telkom Indonesia memegang saham 51.03% sementara Indosat memegang saham 48.97%. Telkom Indonesia adalah yang memiliki gagasan ini dan joint venture baru terjadi setelah diskusi yang cukup alot dengan pihak Indosat, termasuk terkait pembagian sahamnya. Produk pertama joint venture ini adalah kartuHalo.

Agar perusahaan berkembang, maka di tahun 1996 diputuskan untuk menggandeng mitra strategis dan juga pemegang saham yang baru. Antara lain ada Telstra, Cable & Wireless, dan KPN. Akhirnya terpilih KPN dengan anak perusahaannya, PTT Telecom Netherlands. Lalu, di tahun yang sama masuk perusahaan lainnya, PT Setdco Megacell Asia. Di tahun 1996 juga layanan diperluas di Medan, Bandung, Surabaya, dan Denpasar. Setelah itu, Jakarta juga termasuk sebagai area layanan di tanggal 26 Mei 1996.

Telkomsel Menjadi Penyedia Seluler Prabayar Pertama

Seiring dengan bertambahnya layanan dari Telkom Indonesia dan Indosat, perusahaan ini kemudian meluncurkan produk baru di tahun 1997, yaitu layanan seluler prabayar yang pertama tak hanya di Indonesia, tapi juga di Asia! Produk ini dinamakan simPATI Nusantara yang nantinya digunakan oleh banyak pengguna di Indonesia. Berkat produk ini, Telkomsel berhasil meraih lebih dari 50% pangsa pasar telekomunikasi seluler di Indonesia untuk pertama kalinya!

Telkomsel di Era Milenium

Memasuki era milenium, tepatnya di tahun 2001, perusahaan ini lalu memperkenalkan produk baru, yaitu GSM dual band yang menggunakan frekuensi 900 dan 1800 MHz. Layanan ini bisa diluncurkan karena Telkom Indonesia mengalihkan izinnya ke Telkomsel dengan tujuan agar lebih efisien. 

Di era milenium juga ada satu lagi hal penting yang terjadi, yaitu saat Indosat memutuskan untuk melepas kepemilikan saham mereka. Telkom Indonesia pun memegang saham sebesar 77.72%. Kemudian, KPN dan Setdco juga melepaskan saham mereka dan diambil alih oleh Singapore Telecommunications Limited atau Singtel. 

Telkomsel sudah menyediakan layanan internet yang bisa diakses melalui ponsel sejak tahun 2002, karena Telkomsel meluncurkan layanan web WAP, dan data lewat SMS untuk bisa berselancar online. Lalu setahun berikutnya di tahun 2003, Telkomsel jadi provider pertama di Indonesia yang merilis layanan roaming internasional untuk pengguna layanan prabayar menggunakan jaringan GPRS. 

Di tahun 2004, Telkomsel mulai memperkenalkan teknologi EDGE yang kecepatan koneksi internetnya sudah melebihi teknologi sebelumnya, GPRS. Di tahun yang sama, Telkomsel juga meluncurkan kartu seluler prabayar lainnya yang diberi nama Kartu As. Dobrakan berikutnya terjadi di tahun 2007 saat Telkomsel meluncurkan TCASH yang bisa digunakan untuk melakukan transaksi keuangan secara seluler. 

Telkomsel Menjadi yang Pertama Meluncurkan 4G LTE

Di tahun 2014, Telkomsel lagi-lagi menjadi yang pertama dalam meluncurkan sistem jaringan internet 4G LTE yang masih digunakan secara luas hingga saat ini. Sistem 4G LTE jauh lebih cepat dibandingkan jaringan sebelumnya, 3G. Bahkan masih tergolong cepat hingga saat ini, hampir 10 tahun kemudian. Di tahun yang sama, Telkomsel juga meluncurkan layanan seluler prabayar yang ditujukan khusus untuk anak muda, yaitu LOOP. 

Selama 3 tahun ke depan, hingga tahun 2017, Telkomsel berhasil memperluas ketersediaan layanan 4G LTE di 490 kota di Indonesia. Semakin banyak yang menggunakan Telkomsel, makin banyak pula yang bisa mengakses internet dan tidak ketinggalan info dan komunikasi.